Oct06
1. Pengenalan Micosoft Excel 2010
Microsoft Excel adalah suatu sistem aplikasi yang berfungsi untuk memanipulasi danmelakukan perhitungan data, seperti : perhitungan gaji, perhitungan penjualan, dll. Untuk tugas yang lebih kecil orang akan beralih ke menggunakan Excel karena fleksibel danmenawarkan kemampuan untuk mengatur, mensinkronisasi dan mengubah tugas-tugasproyek sesuai dengan kebutuhan seseorang. Ada dua versi MS Excel 2010 tersedia.Untuk tugas yang lebih kecil orang akan beralih ke menggunakan Excel karena fleksibeldan menawarkan kemampuan untuk mengatur, mensinkronisasi dan mengubah tugas-tugas proyek sesuai dengan kebutuhan seseorang.
Microsoft Excel 2010 merupakan salah satu produk dari Microsoft untuk membuataplikasi Spreadsheet. Aplikasi Microsoft Excel sudah sangat dikenal oleh masyarakat.Dalam pembuatan aplikasi spreadsheet, Microsoft Excel 2010 terkenal dengankemudahan dan keandalannya. Berbagai fasilitas disediakan untuk melakukanpengembangan aplikasi. Salah satu fasilitas penting yang dimiliki oleh Microsoft Exceladalah VBA (Visual Basic for Application). Melalui buku ini dibahas tentangpenggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel 2010. Pembahasanselengkapnya dimulai dengan pengenalan Microsoft Excel 2010, pembuatan Macro,variabel, tipe data, konstanta, array, percabangan, perulangan, prosedur sub, fungsi,antarmuka pengguna, objek model Excel, bekerja dengan data, tabel pivot, dan grafik.Semua pembahasan dilakukan dengan sederhana dan mudah dipahami oleh parapembaca. Selain itu disertakan contoh pembuatan aplikasi sehingga memudahkanpembaca dalam proses belajar. Semoga buku ini dapat menambah wawasan pembacadalam penggunaan pemrograman VBA Macro pada Microsoft Excel 2010.
2. Sejarah dan pengembangan
Pada tanggal 10 Januari 2009, screenshot dari alpha Office 2010 membangun telahdibocorkan oleh penguji.Pada tanggal 15 April 2009, Microsoft mengkonfirmasi bahwa Office 2010 akan dirilispada semester pertama tahun 2010. Mereka mengumumkan pada tanggal 12 Mei 2009,pada acara Ed Tech, sebuah versi percobaan edisi 64-bit [14] [15] Pratinjau Teknis 1(Versi: 14.0.4006.1010) bocor pada tanggal 15 Mei 2009 [.. 16]Posting beta-internal membangun dibocorkan pada tanggal 12 Juli 2009. Ini lebih barudaripada pratinjau resmi membangun dan termasuk sebuah “Kapur” aplikasi pengujianinternal. [17] Pada tanggal 13 Juli mengumumkan Microsoft Office 2010 padaperusahaan Worldwide Partner Conference 2009.Pada tanggal 14 Juli 2009, Microsoft mulai mengirim undangan pada Microsoft Connectuntuk menguji pratinjau resmi membangun Office 2010 [18] Pada tanggal 30 Agustus2009, beta build 4417 bocor di internet melalui torrents.. [19]Beta publik yang telah tersedia untuk pelanggan TechNet, MSDN dan MicrosoftHubungkan pengguna pada November 16, 2009 [20].
Pada tanggal 18 Nopember 2009,beta resmi diluncurkan kepada masyarakat umum di website Microsoft Office Beta,yang awalnya diluncurkan oleh Microsoft pada tanggal 11 November 2009 untuk menyediakan screenshot dari office suite baru [21] Office 2010 Beta adalah versi, gratisberfungsi penuh dan berakhir pada tanggal 31 Oktober 2010.. [22]Dalam upaya untuk membantu pelanggan dan mitra dengan penyebaran Office 2010,Microsoft meluncurkan Office 2010 program aplikasi kompatibilitas dengan alat danbimbingan yang tersedia untuk di-download. [23] Pada tanggal 5 Februari 2010,kandidat rilis resmi membangun 4734,1000 yang tersedia untuk Connect dan MSDNpenguji. Hal itu bocor ke situs torrent [24] Beberapa hari setelah itu, Escrow RTM membangun bocor.
3.Manfaat dan Kegunaan dari Microsoft Excel 2010
Perubahan adalah satu-satunya hal yang konstan. Dengan kemajuan teknologi hari demihari, masing-masing dan setiap teknologi yang kita gunakan kebutuhan mengupgreade.Microsoft Excel adalah salah satu perangkat lunak utama yang membentuk tulangpunggung kantor pemeliharaan data. Dengan Microsoft Excel 2010 baru tersedia satuharus melihat manfaat dan utilitas yang diperlukan oleh individu tertentu.Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke Microsoft Excel 2010 dan isu-isu yang dapatmuncul di upgrade, dibahas di sini: * Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010* Masalah yang dapat muncul di upgrade atau pasca upgrade* MS Excel 2010Kebutuhan dan manfaat dari upgrade ke MS Excel 2010Dua versi MS EXCEL tersedia adalah Standar dan Profesional. Sebagian besar manajerproyek atau orang dengan persyaratan pekerjaan yang sama dapat menggunakan versiprofesional yang dicapai dengan fitur-fitur inovatif dan berguna baru.Tool bar baru pita adalah fitur yang paling menarik. Versi terbaru juga termasuk built-intool screen capture, mode di mana dokumen Anda dapat dilindungi, seni baru template,sebuah belakang panggung melihat dengan semua aplikasi, alat removal latar belakang,gaya huruf, opsi pengeditan baru untuk teks dan gambar , fungsi kolaborasi hidup,animasi tambahan di PowerPoint.Panel navigasi yang baru tidak diragukan lagi perubahan yang paling mencolok yangterjadi ke Excel. Hal ini mencakup fitur-fitur sebagai peta dokumen, thumbnail, tampilanoutline dan menemukan dialog semua dalam satu pane. Ini panel navigasi akanmenampilkan semua judul dalam dokumen untuk melihat lebih cepat. Hal ini dengangrafik pivot lebih baik, format kondisional, dan baru visualisasi data melalui Sparklinesdan slicers.
4. penggunaan rumus dan fungsi Microsoft Excel 2010
Secara umum fitur Microsoft Excel 2007 dengan Microsoft Excel 2010 tidak jauh beda, begutu juga untuk penggunaan rumus yang ada di dalamnya. Ms. Excel 2010 memungkinkan kita untuk memasukkan rumus-rumus perhitungan matematika dan statistik dengan mudah dan cepat. Tiap penulisan rumus dimulai dengan tanda sama dengan ( = ). Operator yang sering digunakan antara lain :
+ | PENJUMLAHAN | ^ | PEMANGKATAN |
- | PENGURANGAN | > | LEBIH BESAR |
* | PERKALIAN | < | LEBIH KECIL |
/ | PEMBAGIAN |
Derajat operator hitungan matematika sebagai berikut :
Pertama ^
Kedua * atau /
Ketiga + atau –
Catatan : rumus yang diapit dengan tanda kurung “( )” akan diproses terlebih dahulu, Contoh penulisan rumus
a = 1.200 + 300 (penulisan rumus dengan angka tetap)
b = B4 + B5 (penjumlahan isi sel B4 dan B5)
Fungsi adalah rumus yang sudah siap pakai yang digunakan sebgai alat perhitungan. Fungsi yang disediakan Excel 2007 dikelompokkan menjadi beberapa kelompok fungsi diantaranya adalah kelompok fungsi keuangan, matematika, statistika, logika, teks, database dan lainnya. Fungsi dapat diketik secara manual atau menggunakan Faste Function. Fungsi yang sering digunakandi excel adalah :
RUMUS | KETERANGAN |
SUM | = Penjumlahan suatu sel atau range tertentu. |
AVERAGE | = Mencari nilai rata-rata dari suatu sel atau range tertentu. |
MAX | = Mencari nilai tertinggi dari suatu sel atau range tertentu. |
MIN | = Mencari nilai terendah dari suatu sel atau range tertentu. |
COUNT | = Mencari jumlah data pada range tertentu. Bentuk rumus |
VLOOKUP | = Pembacaan tabel secara vertikal |
HLOOKUP | = Pembacaan tabel secara horizontal |
IF | = Fungsi logika |
AND | = Logika yang bernilai benar jika semua syarat terpenuhi |
OR | = Logika yang bernilai benar jika minimal salah satu syarat terpenuhi |
LEFT | = Mengambil data dari kiri |
RIGHT | = Mengambil data dari kanan |
MID | = Mengambil data di tengah |
Apabila Anda ingin menggunakan operator logika, biasanya diperlukan ekspresi atau pernyataan logika. Ekspresi logika yang umumnya dipakai adalah :
= sama dengan <= lebih kecil atau sama dengan
< lebih kecil dari >= lebih besar atau sama dengan
> lebih besar dari <> tidak sama dengan
- Untuk mendownload format PDF klik disini
- Link video Youtube excel 2013 http://www.youtube.com/watch?v=P0dzKsKzdkY
Tidak ada komentar:
Posting Komentar